Kemenkes bersama Pemkab Jombang Taken MoU

JOMBANG, MEDGO.ID – Wakil Bupati (Wabup) Jombang, Sumrambah hari ini, Rabu ( 18/11/2020) melalui video conference, mewakili Bupati Jombang didampingi oleh Asisten Pemerintahan, Kepala Dinas Kesehatan, Direktur RSUD Ploso serta Kepala OPD terkait teken nota kesepahaman (MoU) dengan Sekjend Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes), drg Oscar Primadi, di Ruang Jombang Command Center (JCC) kantor Pemkab Jombang.

 

Yakni MoU terkait penyediaan dokter spesialis dari Kemenkes untuk ditugaskan di Jombang. ’’Dengan adanya penambahan dokter spesialis dari Kemenkes ini kita berharap pelayanan kesehatan semakin baik sehingga benar-benar bisa mewujudkan Jombang berkarakter dan berdaya saing,’’ kata Sumrambah Wakil Bupati Jombang.

Melalui MoU program pendayagunaan dokter spesialis itu, Kemenkes menyediakan dokter spesialis sesuai usulan daerah dan membayar gajinya. Sementara pemerintah daerah mendayagunakan dokter spesialis tersebut dan memberikan insentif, tempat tinggal dan transportasi sesuai kemampuan daerah.

 

Dari MoU kemarin, RSUD Ploso mendapat satu dokter spesialis penyakit dalam. RSUD Jombang juga akan mendapat dokter spesialis hanya saja jumlah dan jenis spesialisasinya belum disebutkan secara detail.

 

Dokter spesialis yang ditugaskan dalam program ini rata-rata adalah dokter yang baru lulus pendidikan spesialis. Masa penugasannya selama setahun.

Wabup Sumrambah menyatakan, sekarang ini rumah sakit di Jombang sudah menjadi penyanggah bagi daerah-daerah sekitar. RSUD Ploso menjadi penyanggah pasien dari Lamongan. RSUD Jombang menjadi penyanggah pasien dari Nganjuk dan sekitarnya. Hal ini mendorong Pemkab Jombang untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan dua rumah sakit tersebut. Makanya sumberdaya manusia dan sarana prasarananya terus ditingkatkan.

 

Dengan adanya program pengiriman dokter spesialis dari Kemenkes ke Jombang, otomatis akan menambah sumberdaya manusia dan pasti akan berdampak pada peningkatan kualitas pelayanan. ’’Berapa pun dokter spesialis yang ditugaskan Kemenkes, Pemkab Jombang siap menerima,’’ tandas Sumrambah.(Rls)

banner 325x300
banner 120x600

Leave a Reply