Gelar Bedhol Pusaka, Acara Sakral Jelang Hari Jadi Kabupaten Blitar Ke 698.

 

Blitar, Medgo.id.– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar menggelar Bedhol Pusaka di Pendapa Agung Ronggo Hadi Negoro, Kamis (4/8/2022). Agenda sakral ini merupakan tradisi dan digelar sehari jelang peringatan Hari Jadi Blitar ke -698,yang jatuh pada 5 Agustus.

Hari Jadi Blitar tahun ini mengusung tema Ekonomi Bangkit Menuju Masyarakat yang Maju dan Sejahtera. Prosesi Bedhol Pusaka diikuti perwakilan panitia Hari Jadi Ke-698 Blitar, seluruh kepala OPD dan sekretaris dinas di lingkungan Pemkab Blitar.

Prosesi Bedhol Pusaka diawali dengan pengambilan pusaka berupa kitab sejarah dan panji-panji lambing daerah Blitar dari ruang pusaka oleh pasukan pembawa pusaka yang dipimpin sesepuh budayawan.

Setelah diambil dari ruang pusaka, panji-panji dan kitab sejarah Blitar kemudian dibawa menuju Pendapa Agung Ronggo Hadi Negoro dan diserahkan kepada Wakil Bupati Blitar Rahmat Santoso.

Pada kesempatan itu, Wabup Rahmat Santoso mengatakan, peringatan acara ini digelar sudah menjadi adat dan kebudayaan.

“Bedhol Pusaka ini digelar sehari jelang peringatan Hari Jadi Ke-698 Blitar. Ini tradisi yang sudah jadi adat dan kebudayaan di Kabupaten Blitar,”kata Wabup.

Makdhe Rahmat, sapaan akrab Wabup Blitar menambahkan adanya kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pelestarian budaya,bisa untuk mendorong meningkatkan roda perekonomian setelah dua tahun dilanda pandemi covid-19.

“Setelah selama dua tahun ini, menghadapi pandemi covid-19 melalui beberapa event yang diselenggarakan oleh Pemkab. Dalam mengisi hari jadi, seperti bazar UMKM, lomba-lomba, bisa untuk mendorong meningkatkan roda perekonomian,disamping inovasi pelayanan masyarakat. Semoga dengan hari jadi Kabupaten Blitar ke-698 tahun 2022,ekonomi bangkit menuju masyarakat yang Maju dan Sejahtera,”lanjut Makdhe Rahmat.

Adanya kegiatan ini,Makdhe Rahmat juga optimis,dengan transisi pandemi menjadi endemi dan mulai longgarnya aturan untuk kegiatan kemasyarakatan, ke depan Bedhol Pusaka bisa menjadi daya tarik wisata bagi Kabupaten Blitar.

“Bedhol Pusaka tahun ini lebih meriah. Dan ke depan saya yakin acara kebudayaan ini bisa menjadi daya tarik wisata dan menarik banyak wisatawan ke Kabupaten Blitar,”ucapnya.

Lebih lanjut Makdhe Rahmat menyampaikan, dalam momentum Hari Jadi Ke-698 Blitar ini, dirinya berharap ke depan Kabupaten Blitar semakin lebih baik dari segala sisi. Mulai dari pemerintahan yang maju, pembangunan yang sukses dan masyarakat berdaya sejahtera.

“Harapan saya momentum hari jadi ini bisa menjadi pendorong semangat bagi Kabupaten Blitar ke depan lebih baik lagi. Dan kita berani bangkit dari keterpurukan ekonomi akibat pandemi covid-19,”pungkas Makdhe Rahmat.

[Nurayati/Rudy P]