Festival Lansia, Meriahkan Gempita Kemerdekaan Ke 77.

 

Kediri, MEDGO.ID. – Gegap Gempita Kemerdekaan RI ke 77 tahun 2022 berlangsung cukup meriah. Melibatkan dari berbagaigb kalangan baik anak-anak, remaja bahkan orang lanjut usia (Lansia) pun larut dalam uforia semangat kemerdekaan pada festival Lansia yang diadakan Pemerintah bersama TP-PKK Kabupaten Kediri.

Rangkaian kegiatan festival lansia sendiri cukup padat dimulai sejak tanggal 18 Agustus 2022 terdapat lomba tartil Qur’an, lomba menyayi dan lomba lansia cantik. Hari Jum’at, 26 Agustus 2022 ini merupakan puncak kegiatan dengan mengadakan senam lansia di area Taman Hijau Simpang Lima Gumul.

Ketua TP PKK Eriani Annisa Hanindhito melalui Pokja 1 Dyah Saktiana mengatakan kegiatan senam yang berlangsung pada hari ini diikuti oleh kurang lebih 2000 peserta dari seluruh desa kecamatan se Kabupaten Kediri. Bahkan kami juga melibatkan organisasi lansia untuk ikut berbahagia dan bergembira ria bersama.

Tujuannya adalah untuk memberikan keceriaan, kebahagiaan dan kegembiraan bagi para lansia agar mereka mempunyai semangat untuk meningkatkan usia harapan hidup para lansia tersebut.

Kegiatan ini diinisiasi oleh ibu ketua TP PKK Kab. Kediri yang akrab dipanggil mbak Cicha. Mbak Cicha sangat perhatian kepada para lansia agar tetap sehat, ceria dan selalu bahagia sesuai dengan tema yang diusung “Lansia Ceria, Lansia Bahagia”.

Ponimah (68) salah satu lansia yang ikut dalam rangkaian festival lansia ini, mengaku sangat senang sekali lansia dilibatkan dalam Gempita Kemerdekaan ke 77.

“Saya sangat mendukung sekali kegiatan yang memberikan ruang bagi para lansia. Kalau bisa setiap tahun tetap diadakan kegiatan seperti ini,” harapnya.

“Saya ingin berbagi ilmu kepada lansia agar tetap cantik bugar diusia senja. Kuncinya jangan sampai putus olah raga ringan seperti senam, jalan-jalan dan ibadah setiap hari agar kita selalu bersyukur menikmati masa tua,” jelas nenek 6 Cucu tersebut.

“Jangan pernah ada beban dipikiran, selalu berpikir positif, gembira berkumpul sama teman-teman,” pesannya.

(Adv.Kominfo/ Nurayati-Rud)